Jenis Burung Kenari Terfavorit di Indonesia

by

Burung kenari memang bukan endemik Indonesia, karena burung ini pertama kali ditemukan di Kepulauan Canary. Namun demikian, burung ini banyak ditemukan di sekitar anda saat ini karena banyak yang memeliharanya, baik untuk burung rumahan atau burung aduan.

Perlu diketahui, kenari pertama kali ditemukan oleh pelaut asal Perancis yang bernama Jean de Berthan Cout. Dia merasa takjub dengan warna dan juga suaranya yang merdu ketika berkicau. Selama waktu tersebut, saat in banyak sekali spesies atau jenis yang ditemukan.

Ini dikarenakan ada perkawinan silang dengan spesies lainnya. Menemukan burung kenari keturunan asli memang cukup sulit, namun untuk hasil perkawinan silang tidak kalah kualitasnya. Melansir dari https://kacer.co.id/, setidaknya ada 5 jenis kenari yang perlu anda ketahui.

Kenari Holland

Jenis pertama yang paling mudah ditemui adalah Kenari Holland. Di luar Indonesia mungkin asing dengan nama ini, bahkan mereka tidak akan mengetahuinya. Pasalnya, nama tersebut diambil karena jenis ini didatangkan dari Belanda.

Namun bukan keturunan asli pastinya, karena jenis ini sudah mengalami proses persilangan. Tidak tanggung-tanggung, burung ini mengalami beberapa proses persilangan dari kenari yang berasal dari inggris, jerman, dan bahkan Belgia.

Kenari Yorkshire

Selanjutnya adalah Kenari Yorkshire yang merupakan persilangan kenari dari Belgia dan Lancashire. Ada kelebihan yang tidak dimiliki burung lain, yakni dapat menirukan berbagai jenis suara burung lainnya dengan sangat cepat.

Selain suara kicauan yang merdu, penampilan burung ini juga sangat cantik. Hampir semua badannya dipenuhi warna kuning keemasan. Warna lain hanya di bagian punggung dan kepalanya, yakni warna hitam yang tidak terlalu terang.

Baca Juga :   Baldur’s Gate 3 Dikonfirmasi Akan Rilis di 2023

Kenari Norwich

Jenis burung kenari yang paling favorit di Indonesia selanjutnya adalah Kenari Norwich. Tidak hanya memiliki kicauan yang merdu, postur atau fisik burung ini juga sangat unik. Bentuknya pendek dan sedikit bulat, ukurannya hanya 10cm ketika dewasa.

Namun demikian, istilah si kecil cabai rawit sepertinya cocok diberikan. Dengan tubuh yang mungil tersebut, ternyata ada keistimewaan yang tidak dimiliki jenis lainnya. Keistimewaan yang dimaksud adalah adanya jambul pada bagian matanya.

Kenari Roller

Kenari Roller merupakan jenis lain yang terkenal di Indonesia. Nama lainnya adalah Kenari Herzers yang berasal di Jerman. Jenis ini dikembangkan di pegunungan Hartz dan memiliki suara lantang yang tersambung. Karena suara inilah nama tersebut didapatkan.

Kenari Malang

Sudah seharusnya kita bangga karena Indonesia memiliki salah satu jenis kenari yang paling favorit. Sesuai namanya, Kenari Malang pertama kali ditemukan di daerah yang bercuaca dingin tersebut. Lebih tepatnya, jenis ini pertama kali disilangkan di Malang dari Kenari Holland.

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai jenis kenari yang paling favorit di Indonesia. Pastinya ada banyak jenis lain yang belum disebutkan. Namun demikian, diatas sudah cukup mewakili bahwa burung kecil berkicau merdu ini memiliki banyak jenis dari proses persilangan.

No More Posts Available.

No more pages to load.